Kodim 0315/Tanjungpinang Gelar Pembinaan dan Pemberdayaan Keluarga Besar TNI Tahun 2022

Dandim 0315/Tanjungpinang saat berikan sambutan
Dandim 0315/Tanjungpinang saat berikan sambutan

Tanjungpinang – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat melakukan berbagai upaya serta tindakan dalam mempersiapkan komponen bangsa sebagai sumber daya untuk mendukung pertahanan negara dan pembangunan bangsa

Komando Distrik Militer ( Kodim ) 0315/Tanjungpinang melaksanakan kegiatan silaturahmi dengan menyelenggarakan Pembinaan dan Pemberdayaan Keluarga Besar TNI Tahun 2022, Kamis (22/9).

Komponen bangsa yang menjadi objek pembinaan TNI AD adalah Keluarga Besar TNI (KBT) yang diantaranya Pemuda Panca Marga (PPM), Keluarga Besar (KB) Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI), Generasi Muda (GM) FKPPI, dan Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD).

Salah satu tugas Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat ( TNI – AD) yang diatur dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat dengan menyiapkan segala potensi dan sumber daya yang ada secara dini untuk kepentingan pertahanan negara di darat.

Dengan bertemakan “SDM Keluarga Besar TNI Unggul, NKRI Kuat”, kegiatan tersebut digelar di Aula Makodim 0315/Tanjungpinang, Jalan Ahmad Yani Kota Tanjungpinang dengan pemberian materi-materi terkait Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada para KBT.

Komandan Kodim (Dandim) 0315/Tanjungpinang, Kolonel Inf Tommy Anderson, M.PICT dalam sambutannya mengatakan, bahwa tujuan kegiatan ini digelar untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Kesadaran Bela Negara bagi Keluarga Besar TNI sangat penting guna mendukung Tugas Pokok TNI khususnya TNI AD.

“Kemudian, kita juga harus dan perlu membentuk kader-kader pemimpin yang berkepribadian teguh, memiliki jiwa Pancasila dan Nasionalis terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Dandim.

Tidak hanya itu, lanjut Dandim, program Pembinaan dan Pemberdayaan ini juga dapat meningkatkan pemahaman Keluarga Besar TNI tentang mempertahankan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Momen seperti ini, diharapkan Keluarga Besar TNI dapat terus berkontribusi positif dan menjadi kepanjangan tangan TNI AD di setiap lini kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutupnya.

Diketahui, dalam pemberian materi Wasbang dan Bela Negara diberikan materi tentang Profesionalisme dan Sinergitas TNI AD dengan KBT, Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) serta Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Teritorial Kodim 0315/Tanjungpinang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.