Wadanlantamal Pimpin Upacara HUT TNI AL ke 77, Danlantamal Terima Anugerah Lantamal Teladan

KASAL berikan Anugerah Lantamal Teladan kepada Danlantamal IV di Jakarta
KASAL berikan Anugerah Lantamal Teladan kepada Danlantamal IV di Jakarta

Tanjungpinang – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Lantamal IV) melaksanakan upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut Ke-77 tahun 2022. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Komandan Lantamal IV Kolonel Mar. Andi Rahmat dan dilaksanakan di lapangan apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jl. Yos Sudarso No. 1, Batu Hitam, Tanjungpinang, Senin (12/09).

Peringatan hari ulang tahun TNI Angkatan Laut merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut kepada bangsa dan negara. TNI Angkatan Laut lahir dan berkembang mengikuti dinamika perubahan zaman untuk mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang dibacakan Wadanlantamal IV mengatakan tidak bisa dipungkiri, kelangsungan hidup sebagai bangsa maritim membutuhkan jaminan keamanan pada jalur distribusi ekonomi lewat laut, keamanan bernavigasi, terbukanya akses pada sumber daya alam, yang semuanya membutuhkan kekuatan TNI AL yang memiliki daya gentar, daya manuver, daya pukul tinggi serta jangkauan operasional yang mencakup seluruh wilayah perairan yurisdiksi Indonesia.

“Kedepannya tantangan yang dihadapi bangsa ini tidak akan semakin mudah. Untuk itu, TNI AL selalu berupaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam bentuk profesionalisme prajurit untuk menyiapkan para pengawak kekuatan Angkatan Laut ke depan. Karena tuntutan akan keunggulan sumber daya manusia ini adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar,” tambahnya.

Pada saat bersamaan Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, S.Sos., M.Si., juga mengikuti Upacara HUT TNI AL yang dilaksanakan di Pondok Dayung Jakarta Pusat. Dalam kegiatan upacara tersebut Danlantamal IV sebagai perwakilan Lantamal IV untuk menerima penganugerahan sebagai juara I Lantamal Teladan tahun 2022.

Usai pelaksanaan upacara, Lantamal IV menggelar acara syukuran di GSG Yos Sudarso dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada prajurit tertua dan termuda di Mako Lantamal IV disertai pembagian sembako dan foto bersama. Acara yang dihadiri Wakil Ketua Kordinator Cabang (Korcab) IV Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I,Ny. Dhewy Andi Rahmat, antara lain diisi dengan pembacaan doa syukur atas karunia yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, sehingga TNI Angkatan Laut sampai hari ini masih terus dapat mengabdikan diri dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.