Wakili Dandim 0315/Bintan, Danramil 03/0315 Bintan Hadiri Acara Workshop, Monitoring dan Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa

  • Whatsapp

Harian TNI Kepri, Bintan — Mewakili Komandan Kodim (Dandim) 0315/Bintan Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, Komandan Koramil (Danramil) 03/Binut Kapten Inf Suherman menghadiri acara Workshop, Monitoring dan Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa di Kab. Bintan, Kamis (15/10/2020).

Dengan tema ” Pengelolaan Dana Desa yang Cepat, Tepat dan Terpadu sebagai upaya penanganan dampak Ekonomi akibat Covid-19″ yang dilaksanakan bertempat di Aula Kantor Bupati Bintan.

Dari hasil akhir acara, diketahui bahwa Kegiatan dilaksanakan Tahun 2020 dengan anggaran Dana Desa Kabupaten Bintan sebanyak 39,1 M dan sebagian besar sudah terserap, namun masih ada 3 Desa lagi yang belum menyerap dana tersebut.

Dan untuk Dana Desa bisa digunakan untuk penanggulangan Covid-19 dengan bentuk pembelian alat yang akan digunakan untuk Satgas Penanggulangan Covid-19 maupun untuk BLT kepada Masyarakat yang terkena imbas Covid-19.

Selain itu, Penyalahgunaan Desa yang sering terjadi adalah Penggunaan Dana Desa tidak sesuai dengan ketentuan padat karya Desa serta Pengelolaan Dana Desa yang tidak didukung bukti yang cukup.

Juga Kelebihan penganggaran atas kegiatan fisik, Pajak atas belanja kegiatan Dana Desa yang sudah dipungut belum setor ke Kas Negara dan Penggunaan Dana Desa yang tidak sesuai dengan Peraturan.

Turut hadir Pjs. Bupati Bintan, Sekda Kab. Bintan, Komite IV DPD RI Bpk. Haripinto, BPKP Prov. Kepri, Auditor BPKP Prov. Kepri, Kapolres Bintan, Kajari Bintan, Jajaran OPD Kab. Bintan, Jajaran Camat Se Kab. Bintan serta Jajaran Kades se Kab. Bintan. (Pendim0315)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *